Sabtu, 21 Mei 2011

BELITUNG TIMUR

MENGENAL KABUPATEN BELITUNG TIMUR
      Kabupaten Belitung Timur meupakan Kabupaten baru yag terbentuk berdasarkan undang-undang Nomor 5 Tahun 2003,dengan Ibu Kota Manggar,letak geografi Belitung Timur 107 ° 45' - 108° 18' Bujur Timur dan 02° 30' - 03° 15' Lintang Selatan.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Belitung
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Karimata
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Utara berbatasan dengan laut Cina Selatan
    Wilayah Kabupaten Belitung Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Belitung dengan luas wilayah daratan 2.506.910 Km² dan terdiri dari 4 Kecamatan dan 30 Desa,Jumlah penduduk pada awal tahun 2008 tercatat 98.686 jiwa yang terdiri dari berbagai etnis dan suku di indonesia terasuk keturunan cina.

   Penduduk asli berasal dari etnis Melayu dan semua etnis ini hidup berdampingan, Saling berbaur dengan suku -suku pendatang, bahkan terjadi perkawinan antar etnis. Sebagian besar penduduk memeluk agama Islam dan selebihnya beragama Katolik, Protetan dan Budha. Rasa sosial dan gotong royong asih sangat menonjol pada esyarakat Belitung Timur. Hal ini tercermin dalam setiap kegiatan khususnya penyeleggaraan Upacara adat.

   Kabupaten Belitung Timur dikenal juga sebagai daerah penghasil Timah,Kaolin,Pasir Kwarsa dan Hasil lau berupa Tangkapan Ikan-ikan segar.

    Daerah ini juga mempunyai asset potensi pariwisata yang sangat menjanjikan dengan letak yang strategis disertai dengan keadaan alam yang relatif aman khususnya wisata bahari dengan pantainya yang landai disertai obak kecil dan disekitar pulau-plau banyak terdapat tepat-tepat pemancingan denagn terumbu karang yang masih sangat baik dan indah.Sehingga sektor Pariwisata diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar