Minggu, 08 Mei 2011

Tipe karakter pada manusia "plegmatis"

TIPE KARAKTER PADA MANUSIA

PLEGMATIS
adalah salah satu dari empat kepribadian manusia,yang tiga lainnya adalah Sanguinis,Koleris, dan Melankolis. Karakter plegmatis sering diindentikan dengan karakter "CINTA DAMAI", dimana orang dengan karakter ini cenderung menghindari konflik.
Kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran dia akan berusaha mencari solusi damai tanpa menimbulkan pertengkaran.
Dia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak berkepanjangan. Inilah alasan mengapa karakter plegmatis adalah karakter penengah bagi setiap masalah.
Kaum Plegmatis cenderung kurang bersemangat ,kurang teratur,dan dingin.Selain itu,cenderung diam,kalem,dan kalau memecahkan masalah umumnya melalui cara yang sangat menyenangkan.
dengan sabar dia mau menjadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh mengambil keputusan, dia akan terus menunda-nunda.
kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara,maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plegmatis.

Agak repot berurusan dengan orang berkarakter plegantis ini.Karena dia sangat sensitif, sedikit saja tekanan yang membuatnya merasa tidak nyaman akan membuatnya mundur teratur.Tapi,kalau tidak begitu, dia juga tidak akan pernah maju, karena pada dasarnya,dia kurang motivasi.jadi ketika berurusan dengan kaum plegmatis,yang harus disiapkan secara sunggu-sungguh adalah pendekatan yang intensif, mencoba mengerti dia sebaik-bainya,baru kemudian memberinya motivasi.

1 komentar: